Betun Malaka
KUPANG–Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur Djidon de Haan menegaskan, masyarakat di daerah otonomi baru (DOB) Malaka tetap diikutsertakan dalam Pilkada di Kabupaten induk Belu pada Agustus 2013.
Selain Pilkada, masyarakat yang berada di daerah yang baru diresmikan menjadi DOB pada akhir April 2013 lalu itu, juga akan menjadi bagian dalam dari kabupaten induk dalam Pemilu legislatif dan Pemilu Presiden pada 2014, kata Djidon de Haan di Kupang, Rabu (22/5).
Bupati Belu bahkan menolak menyerahkan daftar pemilih dari 12 kecamatan yang ada di Malaka ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Belu, dengan alasan Malaka sudah menjadi daerah otonomi sendiri, terpisah dari Kabupaten induk Belu.
“KPU tetap pada prinsip bahwa Malaka tetap diikutsertakan dalam Pilkada Belu. Jadi tetap gabung. Dasar apa berpisah,” kata mantan Asisten Tata Praja Setda NTT itu.
Dia mengakui belum ada petunjuk secara tertulis dari Kementerian Dalam Negeri tetapi arahan lisan sudah jelas bahwa 11 DOB yang baru diresmikan pada akhir April 2013, tetap bergabung dalam Pilkada yang akan digelar pada 2013 ini.
“Memang benar belum ada arahan tertulis tetapi secara lisan sudah disampaikan bahwa 11 DOB yang diresmikan April lalu itu tetap bergabung dalam Pilkada di kabupaten induk. Arahan sudah jelas, tidak perlu tertulis lagi,” katanya.
Dia mengatakan, KPU tidak memiliki kepentingan apapun dalam setiap proses pemilu kepala daerah. Tugas KPU hanya sebagai penyelenggara dan siapapun yang terpilih dalam Pilkada Belu, apakah warga Malaka merupakan pilihan rakyat,” katanya.
Mengenai kemungkinan adanya gugatan hukum, dia mempertanyakan dasar gugatan karena seluruh tahapan Pilkada dilaksanakan secara transparan dan tidak ada yang ditutup-tutupi.
“Kalau ada pembiayaan memang merupakan konsekuensi dari sebuah proses politik. Bisa jadi masalah jika dalam pengelolaan keuangan itu terjadi penyimpangan. Sepanjang tidak ada penyimpangan, dasar apa orang melakukan gugatan,” katanya.
Karena itu, KPU Provinsi NTT meminta KPU Kabupaten Belu untuk tetap mempersiapkan pelaksanaan Pilkada Belu, tentu tetap melibatkan warga Malaka. (Antara/juanda)

Sumber : http://www.bisnis-kti.com