Atasi Banjir Malaka, Tanggul Raksasa Siap Dibangun

Betun - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan dua opsi untuk mengatasi musibah banjir yang setiap tahun melanda permukiman penduduk di Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka.
Opsi pertama ialah membangun tanggul raksasa, sedangkan opsi kedua membangun puluhan bendungan kecil di Sungai Benanain.
Benanain adalah sungai terbesar yang membelah tiga kabupaten di Pulau Timor. Setiap musim hujan sungai itu selalu meluap hingga mengakibatkan desa-desa di Malaka Barat tergenang banjir. 
"Tidak ada opsi untuk merelokasi penduduk dari desa-desa yang selalu tergenang banjir karena masyarakat menolak," kata Sekretaris Daerah NTT Fransiskus Salem di Kupang, Rabu (17/7).
Menurutnya, opsi itu sama-sama membutuhkan dana besar. Saat ini di sepanjang bantaran sungai di wilayah Malaka Barat sudah tersedia tanggul yang dibangun beberapa tahun lalu. Namun, tanggul tersebut jebol saat banjir bandang pada 2011 dan hingga kini belum diperbaiki.
Ia mengatakan dua opsi itu akan dibahas bersama pihak terkait dan pemerintah pusat. Banjir yang menerjang wilayah Malaka Barat, menurut Fransiskus, terjadi sejak awal 2000 atau sudah berlangsung lebih 10 tahun. Ia berharap satu dari dua opsi itu disetujui oleh pemerintah pusat agar banjir segera bisa diatasi. (Palce Amalo)

Sumber: www.metrotvnews.com