Pembinaan Keluarga Pra Sakinah KUA Kec. Malaka Tengah

Betun – “Melalui Pembinaan Keluarga Pra Sakinah Kita Menuju Keluarga Sakinah, Wamaddah dan Warahmah”. Demikian tema yang diusung pada kegiatan Pembinaan Keluarga Pra Sakinah Tingkat KUA Kecamatan Malaka Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan diKUA kecamatana Malaka Tengah pada tanggal 20 Juli 2013.
Di awal sambutannya, Pgs Kepala Kankemenag Kab. Belu menyampaikan terima kasih berlimpah kepada seluruh peserta kegiatan pembinaan karena walaupun sementara menjalankan ibadah puasa para peserta tetap antusias mengikuti kegiatan yang sudah dijadwalkan oleh panitia penyelanggara. Dalam sambutannya itu pula, Drs. Fransiskus Manek, meyampaikan beberapa pokok pikiran berhubungan dengan pembinaan ini yakni 9 (sembilan) hakikat Bulan Suci Ramadhan seperti : Pertama, Bulan Ibadah, Kedua, Bulan Rahmat, Ketiga, Bulan Keberkahan, Keempat, Bulan Ampunan, Kelima, Bulan Pendiidikan. Keenam, Bulan Pendidikan, Ketujuh, Bulan Jihad, Kedelapan, Bulan Kesabaran dan Kesembilan, Bulan Kemurahan.
Lanjut beliau, tujuan dari perkawinan menurut agama islam adalah membentuk keluarga yang bahagia dan kekal. Untuk itu para pasangan suami dan istri dituntut pemahaman tentang sifat saling menghargai, saling pengertian dan saling tolong-menolong agar tercipta keluarga yang bahagia dan sejahtera. Selain itu, pengetahuan agama merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membentuk keluarga yang sakinah,wamaddah dan warrahmah. Pengtehuan agama itu dapat kita temukan pada aqidah berupa kepercayaan kepada rasul Allah, malaikat-malaikat Allah, mengucapkan 2 (dua) kalimat syahadat, hidup rukun, sholat 5 waktu dan sebagainya.
Sementara itu, dalam laporannya, Muhamad Ikhsan, S.Fil I, selaku ketua panitia penyelenggara menginformasikan tujuan dari kegiatan pembinaan ini yakni pertama, Menggapai Ridho Allah, kedua, Menata rumah tangga yang sakinah dan ketiga, Membangun kerukunan dalam rumah tangga agar terciptanya keluarga sakinah. Kegiatan pembinaan ini dihadiri oleh 30 orang peserta. *** (Deky).

Sumber: ntt.kemenag.go.id