Kesebelasan Malaka

Kesebelasan Malaka berhasil mengamankan tiket ke delapan besar turnamen sepakbola Gubernur Cup 2014, setelah secara meyakinkan menundukkan Kesebelasan Alor 3-1 dalam laga penentuan di grup A yang dilangsungkan di Stadion Oepoi Kupang, Rabu (25/6) kemarin.
Dengan tambahan tiga poin tersebut, Malaka langsung menempati posisi runner up grup A dengan koleksi 7 poin, mengeser Nagekeo ke posisi tiga.
Poin yang dikumpulkan Nagekeo, sama dengan Malaka yakni 7 poin. Namun Malaka unggul dalam selisih gol sehingga berhak menempati posisi runner up. Alor sendiri walaupun kalah dari Malaka, tetap melaju ke delapan besar sebagai juara grup A dengan mengolekis 9 poin, Sedangkan Manggara Barat yang mengoleksi 6 poin otomatis tersingkir.
Dituntut harus meraih kemenangan atas Alor untuk bisa lolos, Malaka justru tampil dalam tekanan di menit-menit awal pertandingan, padahal dalam laga ini Alor yang sudah memastikan diri tampil sebagai juara grup A, lebih banyak menurunkan pemain lapis keduanya dan mengistirahatkan para pemain inti.
Imbasnya, di menit ke-22 Alor berhasil memimpin terlebih dahulu 0-1 melalui gol penalti yang dieksekusi dengan sempurna Muhammad Tupong. Penalti ini diberikan wasit, akibat pelanggaran yang dilakukan pemain Malaka didalam kotak penalti.
Namun, gol ini menjadi titik balik bagi para pemain Malaka untuk bangkit. Anak-anak Malaka tampil lebih solid setelah gol tersebut, dan mulai menekan pertahanan Alor.
Hanya butuh waktu lima menit, Malaka mampu menyeimbangkan kedudukan menjadi 1-1 berkat gol yang dicetak Yohanis Jehamu di menit ke-27. Kedudukan ini bertahan hingga turun minum.
Di babak kedua, pertandingan berlangsung lebih menarik. Pemain Malaka memilih tampil habis-habisan untuk mengejar kemenangan. Tekanan terus dilancarkan ke pertahanan Alor, sehingga Alor sulit mengembangkan permainannya.
Usaha Malaka akhirnya membuahkan hasil, setelah Marianus Nahak berhasil mencetak dua gol tambahan bagi Malaka pada menit ke-57 memanfaatkan kemelut di depan gawang Alor, serta melalui penalti di menit ke-82 untuk mengantarkan Malaka memimpin 3-1.
Di menit-menit akhir Alor beberapa kali mendapat peluang untuk memperkecil ketertinggalannya, namun tak ada satupun yang membuahkan hasil. dan hingga Kedudukan ini bertahan hingga pertandingan usai, sekaligus memastikan Malaka melaju ke delapan besar.
Pertandingan di babak delapan besar sendiri, baru akan dilangsungkan Jumat (27/6). Di pertandingan pertama Alor sebagai juara grup A, akan tampil menghadapi runner up grup B yakni Sumba Timur di Stadion Oepoi Kupang. Sedangkan pertandingan lainnya yang dilangsungkan di Stadion Merdeka dalam waktu bersamaan, akan mempertemukan juara grup B, Ngada menghadapi runner up grup A Malaka.(rum)